LOGIN ADMIN / OPERATOR

FOTO INSPEKTUR

Drs. H. SAPTO NUGROHO H.W, MM
NIP. 19610411 198303 1 022

POLING
    Bagaimana Situs Inspektorat Saat Ini ?
    Sangat Bagus
    Bagus
    Kurang Bagus
    Tidak Bagus

    HASIL POLLING
LHKASN
Ditulis oleh : - Bagian : Kasubbag Administrasi & Umum

16 Agustus 2016 - 19:57:57 WIB

Mulai tahun 2015, setiap Aparatur Sipil Negara atau PNS wajib melaporkan harta kekayaannya dalam bentuk LHKASN. LHKASN adalah Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negera. LHAKSN merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian LHKASN.

Menurut Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi, LHKASN ini sebagai upaya untuk mencegah tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintahan. Mengingat, korupsi tidak hanya dilakukan oleh para pejabat di eselon II dan I saja, tetapi bisa juga terjadi di eselon III, IV, serta V. Kementerian PANRB pun telah berkoordinasi dengan KPK terkait aturan pelaporan harta kekayaan untuk ASN tersebut.

Hal ini juga dimaksudkan agar dapat meningkatkan kepatuhan pelaporan kekayaan seluruh pimpinan instansi pemerintah serta pejabat yang memangku jabatan strategis dan rawan KKN. Para pengelola anggaran dan panitia pengadaan barang dan jasa juga harus menyampaikan LHKPN kepada KPK.

Namun berbeda dengan LHKPN, pengisian LHKASN oleh PNS ini dibuat lebih sederhana dan tidak untuk konsumsi publik. Aparatur Sipil Negara menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) pada pimpinan instansi pemerintah melalui Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

Bagaimana pendapat anda mengenai kewajiban PNS untuk melaporkan harta kekayaannya. Apakah ini salah satu cara efektif untuk pencegahan korupsi? Mari berbagi pendapat di sini!

Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah telah menyusun Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 188.44/262/2016 tanggal 18 April 2016 tentang Pembentukan Tim Pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Pegawai Negeri Sipil Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2016.

AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 144649 kali