Tugas Pokok Dan Fungsi

 

1. Kedudukan

 Didalam Bab 1 Pasal 1 ayat (8) Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 22 Tahun 2013 dijelaskan bahwa Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah adalah satuan Kerja Perangkat Daerah yang selanjutnya disebut SKPD yang merupakan Unsur Pembantu Gubernur dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Perwakilan Daerah, Dinas Daerah, dan Lembaga Teknis Daerah dalam Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

2. Tugas Pokok

Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah mempunyai tugas melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahaan di daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahaan daerah Kabupaten/kota dan pelaksanaan urusan pemerintahaan di daerah kabupaten/kota.

3. Fungsi

 Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam butir 2 diatas Inspektorat Provinsi, menyelenggarakan fungsi :

1) Penyusunan Perencanaan Program Pengawasan.

2) Perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan.

3) Pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah Provinsi di daerah kabupaten/kota.

4) Pelaksanaan review laporan keuangan pemerintah daerah dan evaluasi kinerja.

5) Pelaksanaan pemeriksaan, pengutusan, pengujian, dan penilaian pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah Provinsi dan daerah Kabupaten/Kota.

6) Pelaksanaan monitoring dan evaluasi percepatan pemberantasan korupsi.

7) Pelaksanaan pelayanan teknis administratif dan fungsional dan

8) Penyelenggarakan urusan kesektariatan Inspektorat.