Pelayanan publik

Pengertian Pelayanan Publik adalah segala kegiatan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan, dalam pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Peningkatan pelayanan publik yang efisien dan efektif akan mendukung tercapainya efisiensi dan efektif akan mendukung tercapainya efisiensi pembiayaan, artinya ketika pelayanan umum yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan kepada pihak yang dilayani berjalan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya atau mekanisme atau prosedurnya tidak berbelit-belit, akan mengurangi biaya atau beban bagi pihak pemberi pelayanan dan juga penerima pelayanan.

Penyelenggara Pelayanan Publik adalah instansi pemerintah yang terbagi ke dalam unit-unit pelayanan yang secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ukuran keberhasilan pelayanan akan tergambar pada indeks kepuasan masyarakat yang diterima oleh para penerima pelayanan berdasarkan harapan dan kebutuhan mereka yang sebenarnya. Namun sebenarnya pelayanan publik dapat bekerja sama dengan pihak swasta atau diserahkan kepada swasta apabila memang dipandang lebih efektif dan sepanjang mampu memberikan kepuasan maksimal kepada masyarakat.

Setiap pelayanan publik harus memiliki standar pelayanan dan dipublikasikan sebagai jaminan adanya kepastian bagi penerima pelayanan. Standar pelayanan merupakan ukuran yang harus dimiliki dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang wajib ditaati oleh pemberi dan penerima pelayanan.

TAHAPAN PENGADUAN Pelayanan PUBLIK

DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TENGAH 

TAHAP I

TAHAP II

TAHAP III

Pengaduan memuat sekurang-kurangnya :

a.  Identitas Pengadu yang terdiri atas nama dan alamat lengkap Nomor kontak/HP dan atau alamat email yang masih aktif.

b.  Uraian keluhan atas pelayanan.

c.  Tempat, waktu penyampaian dan tandatangan.

d.  Dokumen pendukung lainya.

Penyampaian dengan cara :

a.Langsung

Masyarakat dapat datang langsung ke kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah yang berada di Jl. Yos Sudarso No. 06 Palangka Raya dengan membawa Surat pengaduan dan dokumen pendukung yang diperlukan.

b.Melalui Surat/Pos

Masyarakat dapat mengirimkan surat pengaduan beserta dokumen pendukungnya dialamatkan ke kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah Jl. Yos Sudarso No. 06 Palangka Raya Kode Pos 73111 Kalimantan Tengah.

c.Melalui Surat Elektronik/Email

Masyarakat dapat mengirimkan pengaduan melalui surel/Email ke alamat Inspektorat@kalteng.go.id

d.Melalui website www.sapa.kalteng.go.id

Masyarakat dapat mengisi pada form yang telah di sediakan berserta upload data pendukungnya.

Berkas Surat Pengaduan diagendakan/ diadminstrasikan oleh Subbag Umum, Keuangan dan Kepegawaian untuk diteruskan kepada Inspektur Provinsi Kalimantan Tengah untuk mendapatkan disposisi penanganan lebih lanjut oleh Irban terkait melalui Pejabat Fungsional Auditor.

Pejabat Fungsional Auditor mengkaji Surat Pengaduan sesuai Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat di lingkungan Pemerintah Daerah.