Ikuti Rakernas Satgas Saber Pungli Pusat, UPP Satgas Saber Pungli Prov. Kalteng Siap Wujudkan Kalimantan Tengah Bebas Pungli

  • 1
  • 448
© Doc. Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah
Uk. huruf:
Cetak

INSPKALTENG - Jakarta - Satgas Saber Pungli Pusat melaksanakan Rapat Kerja Nasional Tahun 2024, dengan tema optimalisasi sinergisitas satgas saber pungli guna penguatan indeks perilaku anti korupsi melalui interoperabilitas SI DULI dan SP4N Lapor! bertempat di ballroom Lt.3 Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Rabu (12/6/2024)

Hadir dalam acara tersebut tim satgas saber pungli UPP Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) yang dipimpin oleh Ketua Satgas Saber Pungli UPP Prov. Kalteng Irwasda Polda Kalteng Ady Soeseno, Wakil Ketua I Inspektur Daerah Prov. Kalteng Saring, dan Wakil Ketua II Aswas Kejati Kalteng Baringin.

Diketahui, rakernas Satgas Saber Pungli tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Hadi Tjahyanto dengan diikuti oleh seluruh anggota Satgas Saber Pungli Provinsi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Menkopolhukam Hadi Tjahyanto menyampaikan, upaya pemberantasan pungli dapat terlaksana dengan optimal berkat kerja sama dan sinergisitas yang terjalin antar instansi baik itu kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah dan peran serta masyarakat.

Dengan demikian penguatan indeks perilaku anti korupsi melalui interoperabilitas SI DULI dan SP4N Lapor! dan optimalisasi tersebut diharapkan dapat memberantas pungli yang cenderung dapat menghambat tidak hanya perekonomian bahkan semua bidang.

Melalui kegiatan Rakernas tersebut, dirinya berharap ke depan kinerja Satgas dan UPP Saber Pungli di daerah dapat terus meningkat, sehingga dengan meningkatnya pengawasan terjadinya praktik pungli dapat ditekan dengan mengacu pada Perpres 87 Tahun 2016 sebagai dasar hukum Satgas Saber Pungli.

Dalam kesempatan tersebut juga Menkopolhukam melaunching aplikasi Si Duli dan SP4N Lapor ! , dengan tujuan agar memberikan pengawasan terbaik bagi masyarakat, adapun beberapa strategi yang dapat diimplementasikan yaitu harus meningkatkan transparansi dalam proses pelayanan, menerapkan pendekatan preventif melalui edukasi melalui pelatihan pada pegawai.

                                                Satgas Saber Pungli UPP Prov. Kalteng

Sementara itu, Ketua Satgas Saber Pungli UPP Prov. Kalteng Irwasda Polda Kalteng Ady Soeseno menerangkan secara singkat komitmen dalam upaya mewujudkan Prov. Kalteng yang bebas Pungutan Liar (Pungli) terus dilakukan oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Prov. Kalteng.

Secara terpisah, Inspektur Daerah Saring menambahkan, bahwa dalam penguatan tugas UPP Saber Pungli Prov. Kalteng dalam upaya mencegah terjadinya pungli dalam setiap kegiatan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja dan dukungan anggaran yang tersedia.

Rakernas kemudian dilanjutkan dengan bimtek aplikasi SI DULI dan SP4N Lapor! (INSP;AR)

Sebelumnya Inspektorat Daerah Prov. Kalteng Sosialisasikan SP..
Selanjutnya Auditor Inspektorat Daerah Prov. Kalteng Ikuti Dik..
Tinggalkan Komentar