Inspektur Daerah Prov. Kalteng Buka Entry Meeting Telaah Sejawat Eksternal Tahun 2023

  • 0
  • 0
© Doc. Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah
Uk. huruf:
Cetak

Palangka Raya – Inspektur Daerah Prov. Kalteng Saring membuka Entry Meeting Telaah Sejawat Eksternal Tahun 2023, Senin (18/9/2023) bertempat di Aula Inspektorat Prov. Kalteng. Acara ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 18-19 September 2023.

Adapun Entry Meeting ini bertujuan untuk menyamakan proses pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Provinsi telah sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan oleh Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI).

Inspektur Daerah Prov. Kalteng Saring dalam pengantarnya menyampaikan bahwa Telaah Sejawat Eksternal ialah penilaian yang dilakukan oleh Instansi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) lain kepada sesama Anggota AAIPI. Kegiatan Telaah Sejawat Eksternal ini dilakukan oleh APIP Inspektorat Daerah Prov. Jabar sebagai Penelaah dan APIP Inspektorat Daerah Prov. Kalteng sebagai yang ditelaah.

"Manfaat Telaah Sejawat Ekternal diantaranya yaitu menjadi benchmarking bagi APIP lainnya, mengetahui tingkat kesesuaian aktivitasnya dengan standar yang berlaku, menjamin bahwa aktivitas APIP mengikuti praktik yang sesuai dengan standar AAIPI, dan sebagai pembuktian kepada pemangku kepentingan tentang kualitas APIP," bebernya.

Lebih lanjut, disampaikan pula APIP memiliki peran yang strategis dalam melaksanakan aktifitas audit internal di pemerintah daerah yaitu sebagai audit control, audit assurance dan melakukan pendampingan, serta melayani konsultasi untuk dapat memberikan nilai tambah dalam pencapaian tujuan organisasi.

"Sedangkan untuk menjaga mutu dan profesionalitas APIP, terdapat sebuah organisasi profesi yang mewadahinya yaitu AAIPI, yang melaksanakan beberapa program untuk menjaga kualitas dan mutu pelayanan dari anggotanya baik secara internal maupun eksternal," jelasnya.

Kemudian, Saring juga mengajak bersama-sama melakukan pemeriksaan sesuai dengan aturan yang berlaku dan mengikuti seluruh proses kegiatan telaah sejawat ekternal ini apapun hasilnya dan berapapun nilainya, serta menyatakan siap ditelaah dan berkomitmen untuk berbenah diri dari hasil telaahan ini nantinya.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Daerah Prov. Jabar Eni Rohyani menyampaikan profil Inspektorat Daerah Prov. Jabar. "Dari sisi sumber daya manusia (SDM), capaian kinerja yang sudah diraih dan pagu anggaran sebesar Rp101.974.070.446,00 yang sudah dialokasikan, sebesar 0,30% dari total belanja daerah adalah untuk pengawasan," ujarnya.

Selanjutnya Eni juga mengutarakan pengalamannya dalam kegiatan Telaah Sejawat Eksternal, dan menerangkan secara singkat tahapan yang akan dilakukan oleh Tim Penelaah dan apa saja data yang perlu disiapkan dari yang ditelaah.

Turut hadir pada acara ini diantaranya Inspektur Pembantu I Eko Sulistiono, Inspektur Pembantu II Diana, Inspektur Pembantu III Teguh Dayanto, Sekretaris Inspektorat Alfon Zaini Hafidz, Kepala Sub Bagian Umum, Keuangan dan Kepegawaian Haris Fachrial, serta seluruh APIP Inspektorat Daerah Prov. Kalteng.

(Abidin/Foto:Chandra)

Sebelumnya Inspektorat Prov. Kalteng Laksanakan Entry Meeting..
Selanjutnya Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah lakukan Ent..
Tinggalkan Komentar