Inspektur Daerah Prov. Kalteng Ikuti Wisuda Sertifikasi CGCAE

  • 0
  • 0
© Doc. Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah
Uk. huruf:
Cetak

INSP - Jakarta - Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Pusat menyelenggarakan Wisuda Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPKP untuk Pimpinan Aparatur Pengawas Internal Pemerintahan (APIP) seluruh Indonesia di Ballroom Hotel Fairmont Senayan Jakarta Pusat, Senin (12/02/2024).

Kegiatan Wisuda Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPKP ini diikuti oleh 504 orang peserta berasal dari Inspektorat Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan Certified of Government Chief Audit Executive (CGCAE), Certified Internal Audit Executive (CIAE), Certified Risk Executive Leader (CREL), Certified Corporate Risk Manager (CCRM), Certified GovernmentRisk Executive(CGRE) dan Certified Fraud Risk Management Profesional (FRMP) serta dinyatakan kompeten.

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh dalam sambutannya menyampaikan bahwa program sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan oleh BPKP melalui Pusdiklatwas BPKP ini ditujukan kepada pimpinan APIP guna mengembangkan kompetensi dan menyiapkan pimpinan APIP serta membantu pimpinan Kementerian/Lembaga/Pemda menyeleksi pimpinan APIP dalam melaksanakan peran leadership dan manajerial yang efektif untuk mendorong optimalnya kinerja pengawasan intern.

“Program sertifikasi ini di desain agar sesuai dengan kebutuhan pimpinan APIP yang berasal dari beragam latar belakang berbeda, sehingga pimpinan APIP memiliki pengetahuan terkait pemahaman dan analisis atas proses bisnis dilingkungannya sehingga mampu mengidentifikasi titik-titik kritis dan risiko strategis yang dapat mengganggu pencapaian tujuan unit kerja”. pungkasnya

Lebih lanjut, Yusuf Ateh mengingatkan kembali arahan Presiden RI bahwa APIP harus mampu meningkatkan kualitas pengawasan intern, sehingga pengawalan akuntabilitas tata kelola keuangan serta penyelenggaraan program dan kegiatan pembangunan dapat berjalan optimal, oleh karena itu APIP Pusat maupun Daerah harus hadir untuk mengawal akuntabilitas dan efektivitas pelaksanaan kebijakan pemerintah. 

Selain itu, Kepala BPK RI Isma Yatun didalam orasi ilmiahnya menekankan pentingnya kolaborasi antara BPK dan APIP sebagaimana diamanatkan di dalam standar pemeriksaan pada INTOSAI (Organisasi Internasional Lembaga Pemeriksa Keuangan atau SAI) dan The IIA (Institute of Internal Auditors). Standar tersebut menggarisbawahi manfaat kolaborasi SAI dan Internal Auditor terutama dalam rangka memperkuat kemampuan bersama guna mendorong efektivitas manajemen risiko dan praktik tata kelola pemerintahan yang baik serta meluaskan cakupan audit berdasarkan penilaian risiko signifikan. 

“Kolaborasi BPK dan APIP diharapkan dapat secara efektif memberikan rekomendasi, insight serta menyelaraskan langkah-langkah kolaboratif dan mengejar ketertinggalan dan keterlambatan dalam implementasi SDGs yang ditargetkan sampai tahun 2030”. imbuhnya.

Inspektur Daerah Prov. Kalteng, Saring yang merupakan salah satu peserta Wisuda CGCAE dari Kalimantan Tengah secara terpisah mengapresiasi program sertifikasi yang diselenggarakan oleh BPKP melalui Pusdiklatwas BPKP, hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi APIP didaerah dalam upaya meningkatkan kompetensinya di bidang Audit Internal, Tata Kelola Manajemen Risiko dan Pengendalian Internal serta menentukan kebijakan pengawasan (Jakwas).

Lebih lanjut, Saring mengharapkan bahwa program sertifikasi kompetensi di bidang pengawasan ini kedepannya tidak hanya diikuti oleh Pimpinan APIP saja, akan tetapi dapat diikuti juga oleh pimpinan perangkat daerah lainnya guna meningkatkan kompetensi khususnya bagi pengelola risiko di lingkungan Pemerintah Daerah Prov. Kalteng.

Turut hadir sebagai peserta Wisuda Program CGCAE yaitu Inspektur Pembantu I Inspektorat Daerah Prov. Kalteng Eko Sulistiono, Inspektur Daerah Barito Timur, Inspektur Daerah Kab. Gunung Mas beserta 2 orang Inspektur Pembantu, Inspektur Daerah Kab. Kotawaringin Barat, Inspektur Pembantu Inspektorat Daerah Kab. Kotawingin Timur dan Inspektur Pembantu Inspektorat Daerah Kab. Seruyan. (INSP/Ed:ZH)

Sebelumnya Inspektorat Prov. Kalteng Laksanakan Entry Meeting..
Selanjutnya Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah lakukan Ent..
Tinggalkan Komentar